Rumah di Lereng Merbabu Rusak Diterjang Longsor

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sudiyono (63) warga yang tinggal di kawasan lereng Gunung Merbabu Kabupaten Magelang, tepatnya di wilayah Dusun Kedakan Desa Kenalan Kecamatan Pakis Magelang, terpaksa harus mengungsi ke rumah saudaranya akibat bangunan rumahnya mengalami kerusakan setelah diterjang material longsor, Kamis (6/2/2020) sore.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian material cukup banyak. Beberapa barang yang ada di dalam rumah juga ikut rusak. Hingga Kamis malam masih banyak material longsor yang menumpuk di dalam rumah Sudiyono, termasuk rerumputan tanah tebing yang ikut terbawa longsor.

Bangunan rumah Sudiyono merupakan salah satu rumah yang ada di wilayah dusun paling atas di lereng Gunung Merbabu di wilayah Kecamatan Pakis Magelang. Jarak dengan puncak Gunung Merbabu sekitar 4 Km, dan berada di ketinggian sekitar 1.500 meter dpl. Bangunan rumah dengan dinding papan kayu ini mengalami kerusakan di bagian ruang depan dan ruang tengah serta sebagian ruang dapur. Untuk kandang ternak, yang ada di belakang rumah, terlihat masih utuh. “Rencananya kerja bakti akan dilakukan Jumat (7/2),” kata Kapolsek Pakis Iptu Slamet Mulyanto dan Kades Kenalan kepada KR secara terpisah.

Nur Kholis dan beberapa warga mengatakan kalau Kamis sore terjadi hujan deras bercampur angin. Ada beberapa titik tanah longsor yang terjadi di Kedakan, salah satunya di dekat masjid. Beberapa warga, termasuk Sudiyono. Tanpa diduga, di lokasi lain juga terjadi longsor. Akibat saluran irigasi tepi jalan kampung ada yang tersumbat material tanah, air meluap. Bahkan luapan air ada yang sampai masuk ke dalam rumah warga. (Tha)

BERITA REKOMENDASI