Rumah Lestari Roboh Akibat Hujan Deras, BPDB Temanggung Kirim Bingkisan

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Hujan deras telah mengakibatkan rumah milik Lestari Uji Solichah (35) warga Dusun Nogo Rt 01/ Rw 05 Desa Salamsari Kecamatan Kedu Temanggung roboh. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang berlangsung Minggu (26/9) malam itu.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung Totok Nursetyanto mengatakan hujan deras mengguyur Kabupaten Temanggung Minggu. Hingga kemudian rumah Lestari yang berukuran panjang 9 meter dan lebar 5,5 meter roboh, Minggu sekitar pukul 23.00 WIB.

“ Rumah roboh akibat hujan intesitas tinggi dan tanah yang labil,” kata Totok Nursetyanto, Senin (27/9).

Warga yang mengetahui kejadian itu, katanya lantas memberi pertolongan pada keluarga korban yang dalam satu keluarga berisi tiga jiwa tersebut. Pertolongan berupa penyelamatan jiwa dan harta benda yang berharga.

Dikatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Kini Lestari dan keluarganya mengungsi di rumah saudaranya. “ Tidak ada yang terluka serius, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” kata dia.

Dia menyampaikan kerugian atas kejadian tersebut mencapai sekitar Rp80 juta. Kerugian berupa kerusakkan material rumah permanen yang roboh dan barang berharga yang berada di dalam rumah.

Dikatakan setelah koordinator dengan pihak kecamatan, TNI dan Polri dilakukan kerja bakti untuk membersihkan material dan kemungkinan pembangunan kembali bangunan rumah.

Dia menyampaikan BPBD telah memberikan bingkisan berupa sembako untuk membantu keluarga korban. Sedangkan bantuan material masih dibicarakan namun dimungkinkan untuk mendapatkannya.

Dia menghimbau pada masyarakat, memasuki hujan ini untuk mengingkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana, angin puting beliung, tanah longsor dan banjir.

“ Mari galakkan siskampling jika terdapat tanda-tanda akan terjadi longsor segera lakukan evakuasi mandiri ke tempat yang aman dan segera laporkan kepada BPBD Temanggung,” kata dia.

(Osy)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI