Rumah Sakit Tipe C Bakal Bebas Rok

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo terus mengebut pengerjaan Rumah Sakit Tipe C Purworejo di Kelurahan Borokulon Kecamatan Banyuurip. Rumah sakit itu direncanakan beroperasi pada September 2020. Rumah sakit itu bakal menjadi infrastruktur bebas rokok.
 

Seluruh bangunan fisik rumah sakit sudah selesai pada akhir 2019. Paket pekerjaan terakhir adalah kelistrikan, mekanika, gas medis, sanitasi dan instalasi pengolahan limbah medis (IPAL) dan instalasi pengolahan sampah rumah sakit (IPSRS). Kontraktor pemenang tender juga memasang lift pengunjung dan pasien di rumah sakit itu.

"Pembangunan tahap kedua sudah selesai, artinya sudah tidak ada lagi pekerjaan fisik. Saat ini masih tahap pemeliharaan selama enam bulan oleh kontraktor," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Purworejo, Suranto, kepada KRJOGJA.com, Minggu (5/1).

 Proses selanjutnya adalah pengadaan peralatan medis dan penunjang lainnya. Lelang pekerjaan itu akan dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo.

Menurutnya, rumah sakit didesain bebas asap rokok karena dibangun tertutup. Sistem pendingin seluruh menggunakan AC sentral. Setiap sudut bangunan juga dilengkapi dengan sensor asap untuk mencegah kebakaran. Sensor secara otomatis akan bereaksi memicu keran pemadam api di seluruh ruangan rumah sakit untuk menyemprotkan air.

"Maka diharamkan merokok di lingkungan rumah sakit dan sensor itu juga sejalan dengan rencana penerbitan perda kawasan bebas rokok tahun ini," ungkapnya.

Ditambahkan, operasional rumah sakit sepenuhnya oleh Dinkes Purworejo. Bahkan dinas itu juga sudah membentuk UPT pengelola pada tahun 2019, namun belum berkantor di rumah sakit. "Rumah sakit itu belum ada mebel dan sarana perkantorannya," katanya.
 

Sementara untuk lahan parkir, tambah Suranto, pemkab akan memanfaatkan lahan di sekitar Pantung Jenderal Oerip Sumoharjo. Pemkab juga akan mengubah rute jalan di samping rumah sakit, sehingga tidak mengganggu operasional pelayanan kesehatan.(Jas)

BERITA REKOMENDASI