Rupiah ‘Goyang’, Harga Sembako di Kebumen ‘Santai’

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Harga beberapa komoditas impor yang banyak dikonsumsi oleh warga masyarakat Kebumen, diantaranya bawang putih asal China dan kedelai asal Amerika, harganya kini cenderung normal.

"Menurut importir yang menjadi mitra dagang saya di Solo, harga bawang putih asal China kini normal bahkan cenderung menurun karena terjadinya panen raya di negeri itu. Stoknya yang melimpah menyebabkan bawang putih ini dijual murah," ujar 
pedagang aneka komoditas pertanian di Pasar Tumenggungan Kebumen, Wahyudi, Minggu (09/09/2018).

Wahyudi menjual 2 macam bawang putih asal China yaitu Kating dan Shandong. Kating  dibelinya dari importir Rp 20.500/kilogram dan dijual kepada masyarakat Rp 24 ribu/kilogram. Sedangkan Shandong dibeli dari importir Rp 16 ribu/kilogram 
dan dijualnya Rp 17.500/kilogram.

"Bahkan, kepada pembeli grosiran kami beri potongan harga," ujar Wahyudi.

Sedangkan kedelai Amerika bahan baku tempe dan tahu, di tingkat pedagang grosir harganya Rp 7.500 sampai Rp 7.600/kilogram.

"Kebetulan stok kedelai impor kini melimpah, bahkan kedelai lokal dari beberapa daerah di Jawa Tengah saat ini mulai dipanen, maka harga tak bisa dijual tinggi," ujar pedagang grosir hasil bumi di Jalan Kusuma Kebumen, Eni, Minggu (09/09/2018).

Menurut Wahyudi dan Eni, normalnya harga bawang putih dan kedelai impor tersebut justru mengundang keheranan banyak warga masyarakat yang datang ke kios mereka.

"Di tengah gejolak moneter yang melemahkan rupiah akhir-akhir ini ternyata harga kedua komoditas impor ini relatif stabil. Mungkin hal itu yang membuat keheranan masyarakat," ujar Wahyudi.

Terpisah, Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag)  Kebumen, Sri Wahyuroh SH, mengungkapkan bahwa di tengah gejolak moneter dunia yang mengimbas pada pelemahan rupiah, akhir-akhir ini, Diperindag Kebumen setiap 
hari memantau harga kebutuhan pokok masyarakat, khususnya komoditas impor yang banyak dikonsumsi masyarakat.

Hasil pemantauan, ternyata tak ditemukan gejolak harga yang berarti. Selain bawang putih dan kedelai yang cenderung normal, harga sejumlah komoditas lokal yang tengah panen raya seperti cabai dan bawang merah terpantau cukup murah. Seperti
bawang merah kualitas biasa Rp 11 ribu/kilogram dan super Rp 18 ribu/kilogram. Sedangkan telur ayam leghorn Rp 20 ribu sampai Rp 22 ribu/kilogram. Adapun cabai rawit merah Rp 11 ribu/kilogram dan cabai merah keriting Rp 9 ribu/kilogram.

"Hanya daging ayam potong yang agak tinggi, namun masih terhitung wajar, yaitu Rp 28 ribu per kilogram," ujar Sri.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI