Sakit, Warga Binaan Meninggal dalam Sel Rutan Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Nursal Chaniago bin Nurdin (61) warga binaan Rutan Kelas II B Purworejo meninggal dunia dalam sel rumah permasyarakatan itu, Minggu (16/2). Nursal meninggal karena sakit tuberculosis (TBC) yang dideritanya beberapa tahun terakhir. Warga RT 05 RW 07 Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat itu sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Dr Tjitrowardoyo Purworejo.

“Selama empat hari dirawat di rumah sakit dan dokter sudah membolehkannya pulang ke rutan,” ungkap Kepala Rutan II B Purworejo Lukman Agung Widodo, kepada KRJOGJA.com.

Nursal kembali menempati ruangannya. Petugas pengamanan yang memantau keliling blok sekitar pukul 03.00, masih mendapati terpidana pelanggaran Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan masa hukuman 2 tahun 6 bulan itu masih hidup. Namun ketika dipantau sekitar pukul 06.00, korban sudah meninggal dunia.

Pihak rutan melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Purworejo. Polisi bersama tim medis datang dan memeriksa kondisi korban di dalam kamarnya. Setelah dipastikan tidak ada bekas tindak kekerasan, petugas mengevakuasi Nursal ke RSUD Dr Tjitrowardoyo. “Dibawa untuk disucikan, sambil menunggu keluarganya 1 x 24 jam. Kami berharap keluarga almarhum datang untuk menjemput,” ucapnya.

Menurutnya, Nursal menempati ruang tahanan berkapasitas satu orang setelah dokter memvonis yang bersangkutan positif TBC. Nursal tidak digabung bersama warga binaan lain untuk mengantisipasi terjadinya penularan. Selain itu, pihak rutan juga memisahkan peralatan harian yang bersangkutan dan menjaganya dalam kondisi steril.

“Kami antisipasi juga terhadap seluruh warga binaan, dengan cara secara rutin menghadirkan paramedis Puskesmas Mranti untuk mengecek kesehatan narapidana dan tahanan,” tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI