Saldo Kas Wajar, DAU Temanggung ‘Aman’

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Dari 169 daerah yang ditunda penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU)-nya oleh pemerintah pusat, DAU  Kabupaten Temanggung alokasi September, Oktober, November dan Desember tetap  aman dari penundaan  itu. Karenanya, layanan Pemkab tidak terpengaruh. 

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Pemkab, Kristi Widodo, Senin (05/09/201), membenarkan, Kabupaten Temanggung aman dari penundaan penyaluran DAU untuk empat bulan ke depan. Sehingga, rencana pembiayaan pembangunan dan pelayanan pemkab tak terpengaruh.

"Berdasarkan Permenkeu 125/PMK.07/2016 tersebut, Pemkab Temanggung tidak termasuk daerah yang ditunda penyaluran DAU-nya untuk September hingga Desember. Sehingga, pembiayaan belanja program pembangunan dan pelayanan tetap sesuai yang telah direncanakan," tandasnya.

Seperti disebutkan dalam Permenkeu tersebut, penundaan penyaluran sebagaian DAU tahun anggaran 2016 untuk 169 daerah di Indonesia dengan niliai total Rp 19,418 triliun lebih itu, dalam  pengendalian pelaksanaa APBN 2016  oleh pemerintah pusat.   

Adapun penentuan daerah dan besaran sebagaian DAU yang ditunda, didasarkan pada sejumlah hal. Yakni, perkiraan kapasitas fiskal, kebutuhan belanja daerah, dan posisi saldo kas daerah pada akhir tahun anggaran 2016, yang dikategorikan sangat tinggi, tinggi, cukup tinggi, dan sedang.

Selanjutnya, sebagaian DAU bagi daerah-daerah yang ditunda penyaluranya tersebut, menurut Permenkeu itu, dapat kembali disalurkan kepada daerah bersangkutan dalam tahun anggaran 2016 ini. Yakni, dalam hal realisasi penerimaan negara mencukupi.

Kristi mengungkapkan, Kabupaten Temanggung dan daerah-daerah lain di Indoensia, setiap bulan melaporkan kondisi keuangan masing-masing daerahnya. Sehingga, pemeritah pusat bisa mengetahui kapasitas fiskal, kebutuhan belanja, dan posisi saldo kas daerah bersangkutan.

Menurutnya, Pemkab Temanggung tidak termasuk yang ditunda DAU-nya, kemungkinan karena saldo kas daerahnya dinilai Kemenkeu dalam posisi wajar. Artinya, tidak berlebihan hingga akhir tahun anggaran 2016.  DAU Temanggung  2016 sebesar Rp 708,76 miliar. Untuk total pendapatan APBD 2016 Rp 1,6 triliun lebih, dengan serapan kurang lebih 44 persen hingga semester pertama tahun anggaran 2016 ini.  (Mud)

BERITA REKOMENDASI