Sambut ‘Bali Baru’, Forum DTW Dibentuk

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Menyambut pembangunan Borobudur sebagai salah satu destinasi super prioritas di Indonesia, Pemkab Magelang melalui Dinas Pariwisataan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) mengadakan pelatihan penguatan lembaga dan E- Marketing para pengelola Daya Tarik Wisata (DTW). Pelatihan dilaksanakan selama dua hari mulai Selasa-Rabu (25-26/02/2020), di Pendopo TIC Borobudur.

“Menyongsong pembangunan Bali Baru di Borobudur, kami melaksanakan kegiatan ini. Harapan kami, para pelaku wisata diwilayah ini, manajemen lembaganya semakin kuat. Di sisi lain, promosinya juga semakin gencar, sehingga jumlah kunjungan wisatanya juga semakin banyak,” kata Kepala Disparpora, Iwan Sutiarso melalui Kepala Bidang Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata, Gunawan Andi, saat membuka kegiatan tersebut.

Jika ‘Bali Baru’ di Borobudur nanti terealisasi, kata Gunawan Andi, masyarakat disini (Borobudur dan sekitarnya) tidak hanya jadi penonton namun juga pelaku. Terkait hal itu, menguatkan manajemen kelembagaan dimasing-masing DTW, sangat diperlukan. “Melalui kegiatan ini, kami juga ingin memberikan kiat-kiat mempromosikan destinasi melalui media social (medsos). Terakhir, menjalin sinergitas dan kolaborasi antar DTW,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menghadirkan tiga nara sumber. Yakni Safrudin dari Pesona Magelang, Bayu Sapta Nugraha dari Generasi Pariwisata (Genpi) Kedu dan Apih Supriyanto dari Genpi Magelang. Untuk pesertanya, berasal dari perwakilan 50 DTW di Kabupaten Magelang.

Usai pelatihan, berhasil dibentuk pengurus Forum Kelembagaan Daya Tarik Wisata Kabupaten Magelang, dengan Ketua Edward Alfian dari Ketep Pass. Untuk Wakil Ketua, dijabat oleh David dari Taman Pagoda. Sedang Sekretaris oleh Gito dari Taman Naura dibantu oleh Arjun (Top Selfi Kragilan). Untuk bendahara, dipegang oleh Supriyanto dari Elo Rafting. (Bag)

BERITA TERKAIT