Sambut Idul Fitri, ‘Nepal Van Java’ Libur

MAGELANG, KRJOGJA.com – Menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, wisata ‘Nepal Van Java’ di kawasan lereng Gunung Sumbing Kabupaten Magelang, tepatnya di Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang libur sekitar 10 hari, mulai Senin (25/4/2022) hingga Kamis (5/5/2022) mendatang.

Kepala Dusun Butuh Lilik Setyawan kepada KRJogja.com di rumahnya, Minggu (24/4/2022) malam, mengatakan libur ini juga dalam rangka menghormati adat tradisi lebaran masyarakat di dusun yang berada di lokasi yang berjarak beberapa kilometer dari puncak Gunung Sumbing tersebut.

Untuk mempersiapkan penyambutan Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini tidak cukup 1-2 hari, baik untuk tradisi bersih-bersih lingkungan maupun lainnya, belanja maupun kerja bakti di beberapa lokasi yang menjadi fasilitas umum.

Pada saat Hari Raya Idul Fitri, masyarakat melakukan silaturahmi dengan keluarga dan tetangga di Dusun Butuh, dusun lain di kanan-kiri Dusun Butuh maupun desa-desa lainnya. Untuk kegiatan ini paling tidak diperlukan waktu sekitar 3 hari.

“Ini merupakan salah satu bentuk untuk mempertahankan atau melestarikan adat atau tradisi lebaran,” katanya. Dan ini menjadi kewajiban, agar jangan sampai menuruti kebutuhan wisata tetapi adat atau tradisi menjadi terlupakan. Karena itu sudah ditentukan mulai Senin (25/4/2022) ini libur hingga 4 Mei 2022 mendatang.

BERITA REKOMENDASI