Sambut New Normal, Objek Wisata di Wonosobo Mulai Menata Diri

Editor: KRjogja/Gus

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Meski belum ada kepastian waktu pembukaan kembali obyek-obyek wisata di Kabupaten Wonosobo, namun para pelaku wisata mulai menata dan membuka diri bagi kunjungan wisata. Hal itu dilakukan guna mempersiapkan diri untuk menyambut pemberlakuan ‘new normal’ (tatanan normal baru) di daerah selama pandemi virus korona (Covid-19).

“Kami sudah ancang-ancang dan mulai bersiap diri membuka bagi kunjungan wisatawan untuk menyambut pemberlakuan ‘new normal’. Terutama memberikan rasa aman kepada pengunjung, seperti memberlakukan protokol kesehatan, mulai dari pembatasan jumlah pengunjung untuk menegakkan social dan physical distancing, fasilitas cuci tangan dengan sabun, hand sanitizer, serta kewajiban memakai masker,” ungkap Pengelola Kawasan Telaga Warna Dieng Kabupaten Wonosobo Agus Purnomo, Rabu (3/6/2020).

Menurut Agus, kondisi sektor pariwisata di Kabupaten Wonosobo termasuk yang sangat terpukul paling parah dari adanya pembatasan pergerakan warga di masa pandemi Covid-19 saat ini. “Kalau dihitung kerugian secara materi, jelas sangat besar. Apalagi masa pandemi ini melewati salah satu puncak panen wisatawan, yaitu di masa liburan Hari Raya Idul Fitri. Jelas kondisi ini menjadi pukulan telak bagi sektor pariwisata,” ujarnya.

Sejumlah pelaku wisata, jelas Agus, seperti pramuwisata dan para pedagang yang biasa berjualan di Telaga Warna pun sudah mulai menyuarakan kegelisahannya, karena kepastian waktu pembukaan kembali obyek wisata belum ada kejelasan. Padahal sebagian besar dari pelaku wisata, menggantungkan perputaran ekonomi keluarga dari aktifitas di objek wisata.

BERITA REKOMENDASI