Sambut Tahun Baru Islam, Ada Hadrah Kolosal di Magelang

MAGELANG, KRJOGJA.com – Menyambut Hari Besar Islam dan tahun baru 1 Muharam 1440 Hijriyah, Pemkab Magelang akan menyelenggarakan Kolosal Hadrah. Dalam acara tersebut, Pemkab Magelang bekerja sama dengan Kementrian Agama, Baznas dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Magelang yang akan memberikan santunan kepada lebih dari 1.000 anak yatim piatu di wilayah ini.

"Sesuai arahan Pak Bupati, memperingati tahun baru islam, akan diberikan santunan kepada 1.372 anak yatim piatu. Dalam kesempatan yang sama, juga dilaksanakan atau diramaikan dengan kesenian hadrah atau rebana secara massal melibatkan seluruh desa diwilayah ini, sebanyak 372," kata Penjabat Sekda Kabupaten Magelang, Endra Wacana, dalam rapat koordinasi di Ruang Cemerlang Setda Magelang, Senin (03/09/2018).

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Magelang, Mad Sabitul Wafa melanjutkan, acara juga akan diisi dengan pengajian akbar menghadirkan Dr KH Fadlolan Musyafa, LC dari UIN Semarang. Untuk hadrah/rebana massal dari seluruh desa nanti, akan diawali tabuh bersama-sama oleh Pak Bupati dan Forkopimda. Acara ini akan digelar di sepanjang Jalan Soekarno Hatta, Kota Mungkid, memadati jalan dari depan Masjid An Nur hingga Rumah Dinas Bupati Magelang pada Senin (10/09/2018) malam sesudah waktu salat Isya," kata Mad Wafa. 

Mad Wafa menambahkan, acara ini bertujuan mempererat tali silaturahmi semua elemen muslim di Kabupaten Magelang, juga membudayakan gemar kesenian Islam melalui pentas rebana kolosal. "Selain itu sebagai syiar dan mengajak umat Islam membiasakan dan memperbanyak shodaqoh pada bulan Muharam dan lebih memperhatikan kaum fakir miskin dan yatim piatu," imbuhnya.

Acara Peringatan Tahun Baru Islam dan Kolosal Hadrah ini terbuka untuk umum dan masyarakat, diharapkan dapat menjadi spirit bagi umat Islam Kabupaten Magelang menjalankan kehidupan sosial, spiritual. "Dan menjaga kerukunan hidup beragama sesama umat muslim dan antar umat beragama lainnya demi kemakmuran dan kedamaian bersama," tutupnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI