Samsat Paten Secang Difungsikan, Bagaimana Tanggapan Warga?

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pjs Bupati Magelang, Drs Tavip Supriyanto meresmikan Samsat Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Secang di Komplek Kantor Kecamatan Secang, Kamis (05/04/2018). Dengan peresmian itu, diharapkan wajib pajak kendaraan bermotor semakin mudah mendapatkan pelayanan.

"Pajak kendaraan bermotor itu, memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 36 persen. 36 persen itu, kalau kita hitung, sekitar Rp 4 Triliun dari total PAD kita yang mencapai Rp 12 Triliun," kata Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah, Ihwan Sudrajat, di sela-sela acara peresmian.

Disampaikan Ihwan, tahun 2017 kepatuhan kita dalam membayar pajak baru sekitar 68 persen. "Jadi kalau kita hitung ada 100 pemilik kendaraan bermotor, hanya 68 orang yang membayar pajak. Yang 32 pemilik lainnya tidak membayar pajak," ungkapnya.

Sementara itu, kebutuhan jalan raya kita mencapai Rp 6 Triliun hanya untuk yang provinsi saja, belum termasuk kebutuhan Kabupaten dan Kota. Kendati demikian, Ihwan juga merasa bangga atas kesadaran masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang yang tertib dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

"Untuk Kabupaten Magelang sendiri, saat ini telah meraih ranking pertama se Jawa Tengah sebagai kabupaten yang paling tertib dalam membayar pajak kendaraan bermotor," jelasnya.

Pjs Bupati Magelang, Tavip Supriyanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan perbaikan sistem pelayanan, baik itu terkait dengan perijinan, pelayanan KPP, dan ditambah dengan Samsat Paten tersebut.

"Harapanya dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan memberikan pelayanan dengan sepenuh hati. Rencananya, dalam waktu dekat juga akan membentuk Samsat Paten di wilayah Kecamatan Grabag, dan di wilayah eks Kawedanan lain,” imbuhnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI