Sandiaga Sebut Pandanrejo “New Zealand van Java”

Editor: Ary B Prass

PURWOREJO, KRJOGJA.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Desa Wisata Pandanrejo (Dewa Pandan) Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, Selasa (12/10). Menparekraf terpukau dengan keindahan, budaya, dan potensi Kambing Kaligesing yang menjadi unggulan Dewa Pandan. Bahkan Sandiaga menyebut Dewa Pandan sebagai “New Zealand van Java”.
Kunjungan Menparekraf tersebut dalam rangka visitasi desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Desa Pandanrejo masuk dalam lima puluh desa wisata terbaik itu.

Sandiaga didampingi juri ADWI 2021 Chef Vindex Tengker mengawali kunjungannya dengan mendengarkan presentasi dari pengelola Dewa Pandan. Setelah itu, Sandiaga melanjutkan perjalanan menuju Kampung Cantik, peternakan Kambing Kaligesing, naik mobil jip menuju Bukit Sibutrong, dan Gunung Gajah.
Dalam kunjungan, Sandiaga mendapat kehormatan untuk memberikan nama pada anak Kambing Kaligesing yang dilahirkan beberapa hari sebelum kunjungan. Menparekraf memberi nama Adwi untuk anak kambing betina keturunan dari Lamus Seto, kambing jawara berharga ratusan juta.

“Karena betina, saya beri nama Adwi,” katanya.

Tidak hanya Sandiaga, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM juga mendapat kehormatan untuk memberikan nama kepada anak kambing jantan yang juga keturunan Lamus Seto.

Bupati memberi nama kambing itu dengan sebutan Bima. “Filosofi Bima adalah kekuatan, ketangguhan, dan semoga wisata di Desa Pandanrejo ini benar-benar bisa tumbuh hebat serta mammpu mensejahterakan masyarakat,” tutur Bupati.

Rombongan tersebut didampingi sejumlah pejabat di Kemenparekraf, Forkompimda Purworejo, dan Pemkab Purworejo berkeliling peternakan Kambing Kaligesing. Mereka melihat aktivitas pemerahan dan meminum susu kambing yang baru selesai diperah.

 

BERITA REKOMENDASI