Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa Berwirausaha

MAGELANG, KRJOGJA.com –  Suasana auditorium Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang) berbeda dengan hari-hari biasanya, Senin (24/2/2020). Banyak mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Magelang yang berada di dalam auditorium dengan duduk lesehan untuk mendengarkan kuliah umum “Optimalisasi Kearifan Lokal dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Digital” yang disampaikan Dr H Sandiaga Salahudin Uno BBA MBA.

Kuliah umum ini dilaksanakan FEB UM Magelang. Tidak hanya mahasiswa, para dosen, pimpinan fakultas, pimpinan universitas maupun beberapa tamu juga duduk lesehan di dalam auditorium UM Magelang.

Sebelum memberikan kuliah umum, Sandiaga Uno juga menyaksikan beberapa produk yang dipamerkan, baik berupa makanan, kopi, pakaian maupun beberapa produk lain. Bahkan dalam kesempatan ini Sandiaga Uno juga sempat ikut nyablon bersama beberapa mahasiswa yang didampingi Wakil Rektor III UM Magelang dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Magelang. Saat memasuki ruang auditorium, Sandiaga Uno pun memperoleh sambutan meriah dari para mahasiswa.

Ada beberapa hal yang disampaikan Sandiaga Uno saat menyampaikan kuliah umumnya, diantaranya ada juga untuk membangkitkan semangat dan memberi motivasi kepada para mahasiswa, khususnya di bidan kewirausahaan. Juga disampaikan ada beberapa literasi, diantaranya literasi teknologi, data dan literasi human berupa silaturahim.

Dikatakan juga, literasi teknologi dan literasi data belum akan mampu membawa menjadi orang-orang sukses berkearifan lokal. Karena itu kearifan lokal diutamakan. Kemampuan menangkap interaksi sesama manusia, yang disebut dengan silaturahmi. Orang mau sukses, perlu silaturahim.

“Kita ingin maju jug harus memiliki literasi dengan manusia (human), berarti kita berkumpul, berjamaah, bersinergi, berkolaborasi dengan anak muda yang ingin sukses,” katanya.

Sandiaga Uno juga mengajak untuk menggunakan ketiga literasi tersebut, juga dipergunakan kearifan lokal. Peluang yang ada di sekitar untuk dioptimalkan. Di era digital, persaingin bisnis ada, dan diharapkan tetap fokus.

Di wilayah Magelang ada 2 hal yang dianggap sangat berpotensi, yaitu pariwisatanya dan pertanian di sekitar Magelang. Ini dapat mensuplay kota-kota besar. Bila ini dapat dilakukan dengan konsisten dan istikomah, diyakini akan dimiliki kemampuan menjadi orang-orang yang sukses.  (Tha)

BERITA REKOMENDASI