Sanitasi Award Untuk Kelompok Swadaya Masyarakat

TEMANGGUNG (KRJogja.com)  – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Temanggung memberikan penghargaan Sanitasi Award kepada kelompok swadaya masyarakat/kelompok pengguna dan pembina (KSM/KPP) sanitasi masyarakat, yang dinilai terbaik dalam pengelola dan operator IPAL (instalasi pengolahan air limbah). 

Kepala Bappeda Temanggung, Bambang Dewantoro, mengatakan, pemberian Sanitasi Award merupakan wujud penghargaan untuk KSM/KPP yang telah melakukan pengelolaan sanitasi masyarakat dan lingkungan hidup dengan baik. Yakni, setelah dilakukan penilaian oleh Asosiasi KSM Sanitasi Pusat dan Tim Pemkab. "Penilaian dilakukan melalui berbagai tahapan, dan penentuan pemenangnya berdasar skor dan bobot nilai," jelasnya, Rabu (14/12/2016).

Menurutnya, tujuan penyelenggaraan Sanitas Award, antara lain untuk memantau keberlanjutan sanitas berbasis masyarakat. Juga, mengindentifikasi permasalahan yang dihadapi KSM pengelola/KPP, serta memberikan motivasi kepada mereka agar bersedia terus menerus mengelola sarana prasarana sanitasi.

Adapun berdasarkan keputusan tim penilai, juara pertama Sanitasi Award untuk pengelola Ipal komunal terbaik, adalah KSM Beriman Kelurahan Parakan Kauman (Parakan), juara II KSM Tirta Asri Kelurahan Temanggung II (Temanggung). Juara III KSM Lancar Manggungal Desa Tanjungsari (Kecamatan Tlogomulyo). 

Sedangkan juara harapan I, II dan III, diraih KSM Sehat Sejahtera Banyuurip (Temanggung), KSM Usaha Lestasri Desa Batur (Kaloran), dan KSM Saras Sejati Desa Barang (Jumo). (Mud)
 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI