Santri An-Nawawi Digembleng Jadi Kader NU

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pondok Pesantren (PP) An-Nawawi Berjan Kabupaten Purworejo bertekad mendidik santri-santrinya menjadi kader Nahdlatul Ulama (NU). Terutama bagi mereka yang berasal dari daerah yang kehidupan NU-nya masih minim, seperti di luar Jawa. Mereka juga disertakan dalam pendidikan kader yang digelar di Gedung Rektorat STAI An-Nawawi selama dua hari.  

"Pendidikan kader penggerak NU ini kami gelar untuk mempersiapkan kader yang tangguh sehingga dapat berjuang di tengah masyarakat, mengingat tantangan NU saat ini cukup besar," katanya Pengasuh PP An-Nawawi KH Achmad Chalwani Nawawi, Minggu (17/9/2017).

Diharap para santri dan alumni yang mengikuti pengkaderan ini dapat menjadi penggerak organisasi NU di lingkungannya masing-masing. Mengingat mereka selepas dari pesantren akan kembali ke masyarakat sehingga dapat meletakkan pondasi untuk kekuatan kultural dan struktural. Sekaligus mengembangkan sayap organisasi seperti IPNU, PMII, GP Ansor, Banser, beserta segenap neven-nevennya yang struktural. “Jadi kedua-duanya harus berjalan seiring-seirama. Jika hanya satu saja yang dikembangkan, tidak akan imbang,” jelas KH Achmad Chalwani Nawawi yang juga Ketua PW NU Jawa Tengah ini.

Kader NU katanya juga harus mengembangkan amaliah NU seperti tarekat, tahlilan, manaqiban, mujahadah, kenduri, riyadlah, dan tradisi kultural NU yang lain.(Nar)

BERITA REKOMENDASI