Santri dari 24 Ponpes Ikuti Pertandingan Futsal

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pertandingan futsal santri pondok pesantren se wilayah Kabupaten Magelang digelar di Muntilan, Selasa (11/07/2017). Pertandingan yang dilaksanakan dengan sistem gugur tersebut juga meminta agar para santri jujur dan melatih kesabaran. Kabag Ops Polres Magelang Kompol Ngadisa melakukan tendangan bola pertama saat dilakukan pembukaan pertandingan.

Pengasuh Pondok Pesantren ushuluddin Bawang Salaman Magelang KH Drs Mansyur Chadiq kepada KRJogja.com diantaranya mengatakan pertandingan yang baru pertama dilaksanakan di wilayah Kabupaten Magelang ini diikuti 24 pondok pesantren. "Sebenarnya ada sekitar 32 pondok pesantren yang akan mengikutinya," katanya.

Dikatakan. kegiatan ini juga dalam rangka kegiatan halal bihalal dan juga untuk lebih mempererat antara satu pondok pesantren dengan pondok pesantren lainnya, meningkatkan ukhuwahnya.

"Bahkan bukan hanya sekadar itu. Itu hanya sebagai media. Setelah ada silaturahim ini diharapkan nantinya dapat menjadi silatul amal, hubungan antara wawasan keilmuan, peningkatan pemberdayaan manusia hingga pemberdayaan ekonomi," katanya.

Juga dikatakan, tujuan utama pertandingan ini bukan untuk mencari lawan, tetapi mencari teman. Pertandingan ini diharapkan benar-benar dapat melatih kesabaran dan kejujuran para santri. Jangan sampai dalam pertandingan ini ada pemain bon-bonan, dan harus mutlak santri dari pesantrennya sendiri. Manakala terbukti ada pemain bon-bonan, akan terkena diskualifikasi, baik pemainnya maupun tim pesantrennya. "Santri harus dapat memberikan contoh," tegasnya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso di forum pembukaan pertandingan diantaranya mengatakan selain mengasah kreativitas personal dan tim, olahraga futsaljuga harus melakukan kreativitas yang banyak, karena selain kemampuan personal dan tim, pemain futsal memerlukan kreativitas lain, seperti mempelajari karakter lawan agar bisa memenangkan pertandingan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI