Sarjana UMP Diharap Mampu Menciptakan Lapangan Kerja

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Para sarjana Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) diharap mampu menciptakan lapangan kerja baru di tengah masyarakat. Mengingat bahwa saat ini telah memasuki era revolusi industry 4.0, salah satu peluang besar yang semakin terbuka lebar seiring dtangnya era ini, yakni peluang berwirausaha.

“Fasiitas internet dan jaringan komunikasi yang semakin terbuka, memberi kita kesematan untuk mengakses pasar diseluruh dunia, tanpa atasan negara. Bahkan tanpa memerlukan modal ratusan juta,” kata Rektor UMP Dr Rofiq Nurhadi MPd dalam wisuda sarjana angkatan 63 tahun 2020 UMP yang digelar dengan system drive thru karena masih berada di tengah pandemi covid-19.

Prosesi wisuda yang digelar di halaman kampus barat ini pun berbeda dengan kegiatan yang sama sebelumnya. Tidak ada undangan khusus, bahkan para wisudawan/wisudawati yang berjumlah 448 wisudawan sekeder diantar dengan kendaraan hingga depan panggung kehormatan untuk prosesi wisuda, setelah itu keluar lagi dari arena. Wisuda yang sedianya berlangsung bulan Oktober pun ditunda hingga November. Itu pun digelar selama dua hari hingga, Rabu (25/11), guna menghindari penumpukan massa. “Ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19,” jelas Rifiq Nurhadi.

Dijelaskan pula bahwa peluang usaha para sarjana saat ini bukan semata-mata modal, namun niat dan nyali untuk mencoba. “Kami berharap para lulusan UMP dapat menangkap peluang ini, dengan modal apa yang telah didapat selama pendidikan, untuk berkreasi dan berinovasi,” jelasnya penuh harap. (Nar)

BERITA REKOMENDASI