Sasar PUS, Disdukcapil-KB Gelar Grebeg Pasar

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pasar sebaga tempat berkumpulnya warga masyarakat menjadi sasaran Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil-KB) Kabupaten Purworejo menggelar kegiatan Grebeg Pasar yang menyasar warga Pasangan Usia Subur (PUS). Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya mengefektifkan komunikasi dan edukasi terkait program KB.

Disamping itu juga memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan KB. “Juga dokumen kependudukan. Sehingga masyarakat PUS selain bisa melakukan pemasangan alat kontrasepsi, sekaligus warga yang belum mengurus dokumen kependudukan bisa melakukan pengurusan E KTP, KK, Akte, dan lainnya,” kata Kepala Disdukcapil-KB Purworejo Sukmo Widi Harwanto SH MM, Kamis (14/9).

Kegiatan Grebeg Pasar ini dipusatkan di Pasar Sirebut, pasar Desa Cepedak Kecamatan Bruno yang merupakan daerah pelosok di Kabupaten Purworejo, berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo. “Kami pilih desa ini karena masyarakatnya masih banyak yang dokumen kependudukan belum lengkap,” kata Sukmo Widi Harwanto.

Masalah ini lanjut Sukmo Widi Harwanto, dimungkinkan karena letak wilayahnya yang jauh dari kabupaten, sehingga perlu model pelayanan jemput bola seperti ini. “Saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan kegiatan Grebeg Pasar sebagai upaya pemerintah memberikan kemudahan pelayanan secara cepat dan langsung di tempat,” jelas Sukmo Widi Harwanto. (Nar)

BERITA REKOMENDASI