Sate Ambal dalam Kemasan Maju UKM Award 2019

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Kebumen akhirnya berhasil meloloskan Sate Ambal Dalam Kemasan, sebuah produk pangan olahan hasil karya Titin Agustinah,  warga Desa Tambakprogaten Kecamatan Buluspesantren Kebumen, dalam  kompetisi UKM Pangan Award 2029 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan.

"Untuk bisa mengikuti kompetisi ini ternyata tak mudah, karena ketatnya proses penilaian. Tak hanya kualitas produknya saja, tapi dinilai juga  berbagai sisi lainnya, seperti legalitas usaha serta syarat administrasi  lainnya dan kesungguhan kita dalam menjalankan usaha," papar  Titin Agustinah, di rumahnya, Kamis (29/08/2019).

Setelah didaftarkan kepada Panitia UKM Award 2019 Tingkat Nasional untuk mewakili Kebumen, beberapa waktu lalu, produk milik Titin tersebut harus melewati sejumlah tahap penjurian, termasuk verifikasi terhadap usaha  dan produknya. " Setelah melewati proses penjurian tahap awal tersebut akhirnya beberapa  hari lalu produk saya dinyatakan lolos untuk mengikuti penjurian tahap 
akhir," ujar Titin.

UKM Pangan Award 2019 Tingkat Nasional adalah sebuah kompetisi bagi para  pelaku UKM pangan di Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun oleh  Kementerian Perdagangan. Sebelum maju ke kompetisi tingkat nasional tersebut,  Sate Ambal Dalam Kemasan karya Titin Agustinah telah 2 tahun berturut-turut, yaitu 2018 dan 2019, menjadi peserta Program Inkubasi Kementerian Riset dan 
Pendidikan Tinggi. 

Kemudian, juara 1 UKM Pangan Award 2019 Kabupaten Kebumen. Sebelumnya,  juara 2 Lomba Krenova 2016 Kabupaten Kebumen dan finalis Lomba Krenova 2017 Jawa Tengah. Menurut Titin, produk pangan ini merupakan inovasi produk pangan  olahan berbahan baku daging ayam yang pembuatannya berbasis teknologi dan telah melewati sejumlah uji ilmiah.(Dwi) 

BERITA REKOMENDASI