Sate Ambal dalam Kemasan Raih UKM Pangan Award 2019 Tingkat Nasional

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Sate Ambal Dalam Kemasan, produk pangan olahan hasil karya Titin Agustinah, warga Tambakprogaten Kecamatan  Buluspesantren Kebumen, berhasil meraih penghargaan UKM Award 2019 Tingkat Nasional untuk kategori produk makanan unggulan khas daerah. 

"Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito, di ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2019,
di gedung Indonesia Convention Exhibition  Bumi Serpong Damai  (ICE BSD) Tangerang, Kamis (17/10/2019), bersama 9 pemenang 
masing-masing kategori," ungkap Titin, dari lokasi TEI 2019, Jum'at (18/10/2019).

Diraihnya penghargaan tingkat nasional tersebut menurut Titin merupakan buah perjuangannya selama 4 tahun terakhir ini dalam mengangkat produk makanan khas Kebumen ini ke tingkat nasional.

Menurut Titin produknya tersebut berasal dari produk konvensional yang berbahan baku daging ayam ditambah sambal tempe. Namun sentuhan teknologi terapan untuk produk pangan menjadikan produk ini kini mampu bertahan hingga 1 tahun sebagai produk yang tersimpan dalam kemasan khusus.

Selain konsumen dalam negeri, produk ini juga diminati konsumen beberapa negara eropa. Mengingat, penggunaan tempe kacang kedelai untuk sambalnya  tak berdampak alergi pada kulit orang Eropa.

Selain meraih UKM Award 2019 Tingkat Nasional, di ajang TEI 2019 Kebumen juga mendapatkan fasilitas 4 stand dari Kementerian Perdagangan untuk  4 UKM masing-masing Sate Ambal, Kopi Kebumen, produk perhiasan dan  anyaman pandan. 

"Untuk Pameran Pangan Nusa di TEI ini Kebumen menampilkan nasi goreng kencur, nasi oyek, ayam ungkep dan Sate Ambal," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen, Sri Wahyuroh.(Dwi) 

BERITA REKOMENDASI