Satgas Bantah Kabar Viral Virus Delta Masuk Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kabar virus covid-19 varian Delta sudah masuk di Purworejo dan menginfeksi warga Brenggong, berembus dan viral dalam aplikasi percakapan Whatsapp. Kabar masuknya virus itu dibantah Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT.

Tolkha menegaskan, belum ada kepastian bahwa virus yang menginfeksi warga Brenggong, termasuk varian baru dari India itu. “Tidak benar kabar itu,” tegasnya kepada KRJOGJA.com, Sabtu (19/6).

Menurutnya, satgas memang mengirimkan tiga sampel virus milik tiga pasien ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. “Sedang dicek apakah virus itu masuk Varian of Concern, tapi belum ada hasilnya. Kami masih menunggu,” tuturnya.

Tolkha meminta masyarakat untuk bijak dalam menyampaikan berbagai informasi di aplikasi media sosial yang mereka gunakan. Informasi juga harus terkonfirmasi kebenarannya sebelum diunggah dan akun media sosial.

Tersebarnya informasi yang tidak benar, katanya, hanya akan membuat publik menjadi resah. “Bijaklah bermedia sosial, jangan justru membuat panik,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI