Satpam Dilatih Kegawatdaruratan

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Seratusan anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti pelatihan Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat (PPGD) yang digelar Keluarga Besar Satpam Temanggung (KSBT).

Ketua KBST Agus Setiyono mengatakan pelatihan untuk membekali satpam agar tanggap dan dapat menolong warga di sekitarnya atau tempatnya bertugas jika ada kecelakaan.

" Pertolongan pertama pada kegawatdaruratan diperlukan, sebab pertolongan ini yang menentukan apakah korban selamat atau semakin parah luka yang dialami," katanya, Selasa (19/12).

Agus melanjutkan, banyak kejadian orang meninggal karena terlambat dalam memberikan pertolongan. Oleh karena itu, satpam harus terampil dalam memberikan pertolongan awal. 

"Saya ingin menghilang image satpam tidak sekedar jaga pintu depan. Tapi saat mempunyai performa yang bagus, melayani tamu dengan baik dan mempunyai kemampuan lebih, salah satunya punya kemampuan kegawatdaruratan,” kata Agus.  

Tim medis dari RSK Ngesti Waluyo Parakan, Kriswanto menyatakan PPGD merupakan pemberian pertolongan dan perawatan yang pertama kali diberikan kepada penderita atau korban dengan cepat dan tepat. “Pertolongan ini adalah langkah awal sebelum diteruskan ke paramedis,” ucapnya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI