Satpol PP Gencar Tertibkan PKL Kebumen

KEBUMEN KRJOGJA.com – Guna mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Kebumen Nomor 8 Tahun 2020 tentang Lokasi Dan Jadwal Usaha Pedagang Kaki Lima, Satpol PP Kebumen dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen, dalam seminggu terakhir ini gencar menertibkan PKL (pedagang kaki lima) di berbagai lokasi kota Kebumen dan beberapa kota kecamatan di Kebumen.

“Kami berupaya mensosialisasikan Peraturan Bupati yang baru ditetapkan untuk mengatur waktu dan lokasi berjualan pedagang kaki lima secara persuasif dan humanis,” ujar Sekretaris Satpol PP Kebumen, Dr Suratno, di ruang kerjanya, Kamis (27/02/2020).

Upaya tersebut menurut Suratno akan terus dilaksanakan untuk mewujudkan kota-kota di Kebumen yang tertata dan asri sesuai dengan peraturan yang telah disepakati bersama. Terkait lokasi yang diperuntukkan bagi PKL berjualan di Kebumen dalam Perbup Kebumen Nomor 8/2020 tersebut disebut sebagai lokasi binaan. “Lokasi binaan ada 2 kategori yaitu lokasi binaan permanen dan lokasi binaan sementara,” ujar Suratno.

Lokasi binaan permanen PKL Kebumen berada di 2 lokasi yaitu Sentra Kuliner Jalan Sutoyo Kebumen dan Sentra Kuliner Pasar Tumenggungan Kebumen. Kedua lokasi ini bisa digunakan 24 jam. Adapun lokasi binaan sementara yang terjadwal waktunya berada di 16 lokasi kota
Kebumen, Pejagoan, Gombong, Karanganyar, Kutowinangun dan Prembun.

Lokasi binaan sementara diantaranya 9 lokasi di kota Kebumen seperti Alun Alun Kebumen, Jalan Veteran, Jalan HM sarbibi, Jalan Pahlawan, Jalan Kolonel Sugiyono, Jalan Pierre Tendean, Jalan Pemuda dan Jalan Suprapto. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI