Satu Desa di Magelang Belum Miliki Calon Kades

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Masyarakat Desa Girimulyo di Kecamatan Windusari, diketahui tidak tertarik menjadi Kepala Desa. Hal ini diketahui, karena hingga akhir masa pendaftaran bakal calon kades, 2 September kemarin, belum ada yang mendaftar. Panitia pun memperpanjang waktu pendaftarannya hingga 30 September 2016 mendatang.

“Sesuai dengan tahapan, pendaftaran balon kades berakhir pada 2 September kemarin. Namun bagi desa yang belum ada balon kadesnya, waktu pendaftaran diperpanjang sampai tanggal 30 September," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Magelang, Arri Widhi Nugroho didampingi Kasubbag Pemdes, Khoirul Anwar.

Menurutnya, jika sampai batas akhir perpanjangan waktu masih belum ada juga balon yang mendaftar, maka pilkades akan ditunda. Sedang 23 desa yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 23 Oktober mendatang, sudah memiliki bakal calon (balon). “Saat ini, tahapan pilkades baru sampai pada verifikasi data bakal calon kades. Kemudian akan dilakukan penetapan calon kades," ungkapnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan pilkades berdasarkan ketentuan dalam Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Kades, dan Perbup Nomor 21 Tahun 2016. (Bag)

BERITA REKOMENDASI