Satu-satunya di Indonesia, Kabupaten Magelang Laksanakan PAUD HI

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dipandang telah melaksanakan pengembangan PAUD secara Holistik Integratif (HI) bagi anak usia dini, Pemerintah Kabupaten Magelang diapresiasi pemerintah pusat. Bahkan melalui salah satu Mitra Bappenas bersama Asisten Deputi Kemenko PMK, melakukan Forum Group Discussion (FGD) dan peninjauan ke sejumlah PAUD yang telah melaksanakan HI diwilayah ini, Selasa-Rabu (06-07/08/2019). 

"Kami sudah tahu bahwa Kabupaten Magelang ini, telah melaksanakan PAUD secara holistik integratif. Ini satu-satunya di Indonesia yang memiliki rencana aksi daerah PAUD HI. Jadi hari ini kami akan lihat kegotong-royongan dari semuanya, mulai dari pimpinan daerah, bunda PAUD, OPD, PKK semuanya yang masuk dalam Gugus Tugas ini, apakah sama-sama aktif mewujudkan SDM yang berkualitas itu," kata Asisten Deputi Bidang PAUD, Dikdas dan Dikmas Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri, Rabu (07/08/2019). 

Menurut Femmy saat ditemui di PAUD Al-Jauhar Gulon, Kecamatan Salam, ia menilai pimpinan daerah bersama Bunda PAUD Kabupaten Magelang mau bersinergi untuk mewujudkan PAUD HI tersebut. "Jadi kami harapkan ini ditindaklanjuti dengan program nyata, karena ujungnya masyarakat yang mengambil manfaat. Salah satunya, anaknya jadi sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia. Ini sesuai tujuan dari PAUD HI itu. Dan dari sinilah, harus diwujudkan dalam program nyata dengan disinkronkan dengan program nasional," lanjutnya. 

Generasi emas, kata Femmy, bisa terwujud melalui tiga pilar dan berawal dari PAUD HI salah satunya.  "Tiga pilar itu adalah kesehatan, pendidikan usia dini dan perlindungan dari kekerasan serta kesejahteraan usia dini. Istilahnya itu modal, fondasi generasi muda kita di masa depan," ungkapnya. 

Di kesempatan yang sama, Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin berharap melalui Rencana Aksi Daerah yang sudah disusun bisa memadukan semua SKPD agar berkomitmen dan menjadi tanggung jawab bersama di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.  

"Harapan kami dengan adanya Gugus Tugas berproses dengan Peraturan Bupati, nanti pengembangan anak usia dini di Kabupaten Magelang semakin baik dan berkualitas. Sesuai tupoksi kami di PKK ada pengembangan Bina Keluarga Balita (BKB) dimana kami membina para orangtua untuk memberikan pendidikan baik dari sisi fisiologis, psikologis. Kemudian pengembangan PAUD holistik integratif ini kan juga terintegrasi dengan Posyandu dan BKB," imbuhnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI