Satu Siswa SMK di Purworejo Gagal Lulus UN

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/MA dan SMK di Kabupaten Purworejo nyaris sempurnya. Sebanyak 9.949 siswa peserta ujian atau setara 99,9 persen, berhasil lulus. Hanya satu siswa SMK yang gagal lulus UN.

Pengumuman kelulusan UN di Kabupaten Purworejo dilaksanakan serentak kemarin. "Kami mengundang siswa bersama orang tua untuk hadir dalam acara wisuda di sekolah," kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kabupaten Purworejo, Padmo Sukoco, kepada KRJOGJA.com, Sabtu (05/05/2018).

Jumlah pelajar SMA/MA yang lulus UN sebanyak 3.950. Peserta UN tahun 2018 tercatat sebanyak 3.954 siswa.

Namun empat peserta mengundurkan diri sebelum ujian dilaksanakan. "Semua sekolah 100 persen, artinya seluruh peserta yang hadir mengerjakan soal, berhasil lulus. Dua siswa mengundurkan diri dari SMA NU Loano dan dua dari MA Takhasus Bruno," terangnya.

Ujian dilaksanakan 31 SMA/MA, namun baru 26 sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan lima masih UN kertas pensil. "Pelaksanaan ujian kemarin lancar, hanya ada sedikit kendala karena ada kesalahan soal. Namun dapat teratasi dan tidak ada siswa yang dirugikan," terangnya.

Sementara untuk SMK, sebanyak 5.999 dari 6.000 peserta lulus UNBK. "Hanya ada satu yang tidak berhasil lulus karena nilainya tidak memenuhi syarat kelulusan," ucap Ketua MKKS SMK Kabupaten Purworejo Budiyono.

Menurutnya, pengumuman kelulusan di Purworejo berjalan kondusif. Hampir tidak ditemukan adanya kelompok pelajar yang konvoi merayakan kelulusan. Polisi, katanya, telah mengantisipasi kemungkinan gangguan lalu lintas dan ketertiban akibat perayaan kelulusan. (Jas)

BERITA REKOMENDASI