Satu Warga Purworejo Positif Covid-19

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo kembali bertambah. Satu pria warga Kecamatan Purwodadi, dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani uji swab. Gugus tugas Covid-19 Purworejo juga mendata adanya tambahan satu perempuan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 dr Tolkha Amarudin MKes Sp THT mengatakan, pasien positif ditemukan berdasar penelusuran yang dilakukan gugus tugas. “Kami melakukan penelusuran mengetes pasien dengan RDT, hasilnya reaktif, lalu dilanjutkan tes swab. Hasilnya juga positif,” tuturnya kepada KRJOGJA.com, Jumat (10/07/2020).

Pasien tersebut dalam kondisi sehat dan stabil. Ia menjalani rawat jalan dan isolasi mandiri di rumahnya. Protokol kesehatan ketat, lanjutnya, diterapkan untuk mencegah penularan virus di lingkungan tempat tinggal pasien.
Sementara untuk PDP, saat ini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta. Pasien itu mengalami gejala radang paru paru dan ketika di tes cepat, hasilnya reaktif. “Sekarang menunggu hasil uji swab,” ucapnya.

Adanya pasien itu menambah jumlah warga terinfeksi Covid-19 menjadi 82, dan PDP 51. Untuk pasien positif, sebanyak 74 dinyatakan sembuh, sedangkan 8 isolasi mandiri. Tidak ada pasien positif yang meninggal dunia.

Pasien baru ditemukan setelah tidak muncul temuan kasus selama lebih dari dua minggu terakhir. “Muncul kasus baru, ini membuktikan bahwa virus masih ada. Maka, kami ingatkan masyarakat tidak boleh abai dengan protokol kesehatan. Tetap pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI