SBY Sarankan Pemkab Undang Ahli Teliti Bukit Pajangan

PURWOREJO (KRjogja.com) – Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyarankan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo untuk mengundang para ahli guna meneliti batu bersusun di Bukit Pajangan Dusun Makemdowo Desa Sidomulyo. SBY menilai kawasan itu bisa menjadi objek wisata geologi atau budaya sesuai dengan hasil penelitian yang akan dilakukan.

Hal itu diungkapkan SBY disela ziarah di makam Jenderal Sarwo Edhie Wibowo, setelah mendapat laporan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Sabtu (20/8) sore. "Masyarakat juga diberi pengertian supaya mau menjaga kelestarian kawasan tersebut," tuturnya.

Menurutnya, fenomena di Sidomulyo mirip dengan pengalaman proses penelitian dan ekskavasi situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat. Ketika masih memimpin, SBY mendapat laporan temuan situs diduga cagar budaya. Presiden ke enam itu tertarik karena situs itu jauh lebih tua dari Borobudur atau Prambanan, bahkan Sphinx yang merupakan sisa peradaban Bangsa Mesir Kuno.

SBY menginstruksikan jajarannya untuk mengumpulkan para ahli yang berkompeten dari berbagai perguruan tinggi untuk melakukan penelitian. Pasukan Zeni TNI AD juga diterjunkan untuk menguak bagian atas Situs Gunung Padang. "Masyarakat diberi pengertian bahwa nanti jika kawasan itu menjadi situs budaya akan mendapat ganti untung, sehingga mereka menjaga keamanannya," ungkapnya.

SBY juga menyatakan siap membantu secara politik agar kawasan itu bisa menjadi objek wisata atau penelitian. "Mungkin disinilah cara Allah menolong Purworejo. Tentunya kami juga siap membantu agar rencana itu terwujud, ada wakil di DPR yang bisa menanyakan kepada kementerian terkait ketika rapat dengar pendapat nanti," terangnya.

Agus Bastian SE MM mengatakan, batuan di Sidomulyo memiliki keunikan karena bentuknya sekilas mirip piramid dengan batu yang tertata. "Memang sudah dicek peneliti, tetapi bagi kami yang juga melihat, struktur itu seperti peninggalan kuno berusia ribuan tahun," tegasnya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI