SD Muh Kemiri Kenalkan Astronomi

PURWOREJO (KRjogja.com) – Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri mengenalkan ilmu sains kepada siswa. Siswa didampingi guru dan tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) mengamati matahari dengan teropong khusus, di halaman sekolah, Jumat (09/09/2016).
 

Pengenalan ilmu sains merupakan inisiatif sekolah untuk mempraktikan teori yang selama ini diajarkan dalam mata pelajaran IPA. Sekolah bersama UMP tengah melaksanakan program Ipteks Bagi Masyarakat (IbM) untuk meningkatkan kualitas guru dan SD setempat. "Praktiknya dengan pengamatan langsung dan beragam komentar keluar dari para siswa. Matahari menjadi objek karena perannya sangat vital bagi kehidupan di bumi," ungkap Kepala Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri Widi Hastomo SE.

Menurut Widi ara siswa memberi komentar positif setelah mengikuti kegiatan itu. Anak-anak kagum dengan ciptaan Tuhan yang selama ini memang belum pernah mereka lihat secara langsung dengan mata telanjang. Menurutnya, kekaguman itu akan memupuk keimanan dan ketakwaan siswa kepada Tuhan.  "Apabila mereka senang, maka pasti muncul semangat untuk terus mendalami sains. Bukan tidak mungkin suatu saat muncul ahli sains atau astronomi besar dari Purworejo," tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI