Sebagian Masyarakat Belum Pahami Fungsi PATEN

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebagian masyarakat dinilai belum memahami fungsi dan peran Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Kebanyakan masyarakat hanya memanfaatkan PATEN untuk mendapat layanan administrasi kependudukan, sedangkan untuk perizinan belum lazim dilakukan.

PATEN memiliki fungsi melayani kegiatan perizinan dan nonperizinan masyarakat. "Nonperizinan misalnya kependudukan, dan perizinan bisa seperti izin UMKM atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB)," ujar Ketua Komisi A DPRD Purworejo Kons Gudoyo, kepada KRJOGJA.com, Rabu (7/2).

Untuk urusan kependudukan, katanya, sebagian masyarakat sudah paham datang ke PATEN yang sudah ada di 16 kecamatan. Meski demikian masih banyak warga yang datang langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Purworejo.

Menurutnya, Hal tersebut mengindikasikan peran yang belum optimal. "Beberapa fungsi PATEN belum jalan, masih harus sampai di kabupaten, sehingga selalu kita lihat ada penumpukan warga di kantor dinas," tuturnya.

Ditambahkan, ada faktor mengapa sebagian masyarakat belum memanfaatkan PATEN untuk mengurus perizinan. "Pertama karena mereka belum tersosialisasi dengan baik, atau lantaran masyarakat sendiri belum paham arti penting mengantongi izin. Misalnya untuk izin UMKM, sebetulnya adalah syarat mengakses modal perbankan," paparnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI