Sebagian Petani di Sukoharjo Sudah Panen

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebagian kecil petani sudah melakukan panen padi. Sedangkan sebagian besar lagi baru panen raya padi pada akhir Maret hingga April mendatang.

Panen padi pada musim tanam kali ini mundur karena banyak tanaman padi rusak akibat bencana alam terdampak fenomena alam La Nina atau peningkatan curah hujan. Meski begitu secara keseluruhan tidak terlalu berpengaruh mengingat stok pangan khususnya beras masih melimpah di Sukoharjo.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti, Rabu (17/3) mengatakan, sebagian kecil petani sudah melakukan panen padi pada musim tanam I (MT I) padi. Petani sudah panen merupakan mereka yang melakukan penanaman awal padi pada Desember atau akhir tahun 2020 atau Januari awal 2021. Panen padi tersebut memiliki kualitas bervariasi namun sebagian besar baik. Sebab gabah yang dihasilkan sangat terpengaruh hujan mengingat tingginya kandungan air dan rawan kerusakan.

Petani dengan kondisi tersebut harus berjuang keras melakukan pengeringan dengan cara penjemuran manual menggunakan panas sinar matahari. Apabila tidak maka dikhawatirkan akan membuat harga jual gabah turun.

BERITA REKOMENDASI