Sejarah Peranakan Etawa, Kambing yang Harganya Bisa Ratusan Juta

KAMBING Kaligesing atau sebelumnya lebih dikenal Peranakan Etawa (PE) merupakan ternak populer di Indonesia. Kambing itu beda dengan jenis kebanyakan yang dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya.

Kambing Kaligesing adalah jenis yang paling sering dikonteskan dan digemari sebagai klangenan. Maka tidak heran apabila harga jualnya menjadi mahal. "Kambing kelas kontes, sering ikut lomba bahkan menjadi pemenang, harga jualnya bisa ratusan juta rupiah," ujar M Sutono, peternak Kambing Kaligesing di Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing Purworejo, kepada KRjogja.com, Kamis (15/9).

Harga yang mahal itu pun berpengaruh pada nilai jual anakan dan indukan. Harga anakan Kambing Kaligesing rata-rata dijual di atas satu juta rupiah perekor.

Namun jarang yang tahu kalau Kambing Kaligesing itu memang asli Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Seandainya tahu, belum tentu paham sejarah asal-usul kambing tersebut. Dimulai dari : Ini Orang yang Pertama Menghasilkan Kambing Kaligesing. Dimulai dari : Ini Orang Pertama yang Menghasilkan Peranakan Etawa Kaligesing >> (Jas)

 

 

BERITA REKOMENDASI