Sejumlah Proyek di Kebumen Dilelang Mendahului Tahun Anggaran

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Akibat didesak oleh kebutuhan yang harus segera dipenuhi, sejumlah proyek milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen di bulan Desember 2019 dilelang dini atau mendahului datangnya tahun
anggaran 2020.

"Lelang mendahului tahun anggaran baru kali ini ada sekitar 20 proyek, baik jasa maupun fisik, sebagian diantaranya hingga Kamis (26/12/2019) sudah memasuki tahap aanwijzing atau pengenalan dan sebagian lain sudah melalui tahap penawaran," ujar Sekretaris Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Kebumen, Jamal Darwanto SE di ruang kerjanya, Kamis (26/12/2019).

Lelang mendahului tahun anggaran baru menurut Jamal memang sudah dilandasi dengan aturan hukum yang jelas, diantaranya dilakukan setelah RAPBD disetujui oleh DPRD setempat. "Selain itu, proyek-proyek yang dilelang memang didesak oleh kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Diantaranya, proyek pengadaan nutrisi bagi pasien dan karyawan di RSUD Dr Sudirman Kebumen senilai Rp 4,9 miliar lebih, yang memang tak bisa ditunda-tunda," jelas Jamal.

Ada pula proyek pengelolaan limbah B3 senilai Rp 1,1 miliar dan proyek pengadaan barang kelengkapan kerja senilai Rp 700 juta lebih. Dengan dimulainya pelaksanaan lelang mendahului tahun anggaran tersebut, diharapkan di bulan Januari 2020 nanti sudah bisa dilakukan penandatanganan kontrak antara Pemkab Kebumen dengan pemenang lelang dan merealisasikan proyek-proyek tersebut. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI