Sekolah Kejuruan Harus Didukung Balai Latihan Industri

PURWOREJO (KRJogja.com) – Menghadapi revolusi industry 0.4 setiap sekolah, terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus mampu menyediakan tempat khusus untuk balai latihan industri (BLI).

Disamping adanya hubungan sinergis antara pemerintah kabupaten/kota (Pemkab/kot) dengan pemerintahan provinsi (Pemprov) dan pemerintah pusat.

“Tapi yang terjadi sekarang seringkali pemkab kurang memperhatikan keberadaan SMK karena kewenangannya ada di tangan provinsi,” kata Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Dr Ir M Bakrum MM pada seminar nasional revitalisasi pengelolaan SMK dalam rangka menghadapirevolusi industry 4.0 di SMK Taman Karya Madya (TKM) Teknik Tamansiswa Kabupaten Purworejo, Minggu (19/1).

Seminar yang diselanggarakn Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa ini, diikuti ratusan guru dari berbagai SMK se Kabupaten Purworejo, para guru dari Perguruan Tamansiswa, pondok pesntren (PP) dan lainnya. Dibuka Assisten Bidang Kesra Sekda Purworejo Drs H Pram Prasetyo Achmad MM.

Keberadaan BLI ini menurut M Bakrum, sangat dibutuhkan, terutama untuk SMK swasta. “Saya berharap setiap SMK mempunyai target untuk berlatih,” tandasnya.

Di era sekarang ini, setiap SMK lebih diutamakan memiliki keahlian atau kompetensi bidang industri.

Lulusan SMK menurut Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Majelis Luhur Perstuan Tamansiswa Prof Slamet PhD, harus terampil cepat, cekat, tepat dalam mebambil keputusan, serta melek teknologi. “Terutama literasi serta numerasi digital dan optimal signaling,” katanya seraya berharap SMK mampu meretas calon lulusan yang cerdas dan komprehensif.

Sebagai tuan tumah Ki Gandung Ngadina SPd MPd yang juga Kepala SMK TKM Teknik Tamansiswa Purworejo berharap, dari kegiatan seminar ini akan menjadi alat untuk meningkatkan dasar belajar dan  mengajar, terutama SMK di Purworejo. “Ini dilakukan untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) sehingga semakin siap menghadapi era revolusi industry 4.0,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI