Sekolah Lapang Iklim di Desa Premono

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Kelompok Tani Kali Kuning Indah (Kalkun Indah) Desa Paremono, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, mendapatkan pelatihan Sekolah Lapang iklim (SLI) dari Badan Meteorologi  Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Yogyakarta, Rabu (10/08/2016). Pelatihan ini berisikan materi mempelajari prakiraan awal musim, prakiraan hujan bulanan serta informasi kekeringan dan ketersediaan air tanah untuk pertanian.

Kelompok tani yang beranggotakan 25 orang ini, mendapatkan pelatihan metode langsung cocok tanam selama periode satu musim tanam padi sekitar 3-4 bulan dan didampingi oleh para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (PPOT), yang telah mengikuti SLI. Pelatihan dilaksanakan di areal Pesawahan Dusun Namengan, desa setempat.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin Sip, pada sambutannya yang dibacakan oleh Kepala BPPKP Kabupaten Magelang, Ir Tri Agung Sucahyono mengatakan, pertanian baik tanaman pangan, perkebunan, pertenakan dan lainnya, sangat dipengaruhi oleh iklim. Diantaranya, kelembaban, Ketersediaan air, cahaya matahari angin dan lainnya. "Sekolah lapang iklim ini diharap menjadi media pembelajaran bagi petani untuk mempelajari iklim dan cuaca dalam suatu lingkup yang lebih spesifik. Tentang pengertian pengaruh iklim terhadap kegiatan Pertanian," katanya.

Sementara Kepala Balai Besar MKG Wilayah II, Joko Siswanto menyampaikan, sekolah lapang Iklim bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan petani mengenai iklim dalam kaitannya untuk adaptasi terhadap Veriabilitas iklim dan mengantisipasi kejadian iklim ekstrim. Dengan begitu, diharapkan mampu menerjemahkan informasi iklim yang dikeluarkan BMKG, salah satunya untuk penentuan awal tanam dan strategi tanam. "Pada areal sawah yang dijadikan percontohan, juga dipasang alat termologi yang berguna untuk mengetahui kondisi suhu," katanya.

Hal senada dilaporkan deputi bidang Klimatologi BMKG, R Mulyono Rahadi Prabowo, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan membantu petani memperoleh pemahaman mengenai informasi iklim sehingga dapat mendukung kegiatan pertanian. Kegiatan di hadiri selain kelompok tani kalkun Indah juga para Muspida para petugas BMGK dan Muspika Kec Mungkid. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI