Selama Pandemi Bisnis Tanaman Anggrek Menjanjikan 

Editor: Ary B Prass

MAGELANG, KRJOGJA.com –  Tanaman Anggrek menjadi salah satu tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan mudah dibudidayakan. Anggrek memiliki daya hidup tinggi dibanding tanaman hias lainnya.
Demikian dikemukakan Ika Suhartiningsih SP dari SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang di sela-sela kegiatan Sekolah Tani Mandiri Muhammadiyah (STMM) yang dilaksanakan Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang, Jumat (28/1/2022).
Lebih lanjut dikatakan, bahwa bagi pemula disarankan lebih baik menggunakan Anggrek Dendrobium. Namun manakala sudah mampu menguasai, bisa berkembang ke jenis anggrek lainnya.
“Berapapun modal yang dimiliki, bisa di-improvisasi, mulai dari yang kecil dahulu. Misalnya mengeluarkan dari botolan, untuk selanjutnya bisa ke peremajaan, pendewasaan maupun lainnya,” katanya.
Anggrek merupakan tanaman asli Indonesia, Puspa Pesonanya Indonesia. Harapannya bisa dikembangkan, baik di tingkat komunitas kelompok tani maupun untuk pemula yang ingin menjadi hobi maupun kerja sampingan. Memelihara Anggrek itu seperti menabung.

BERITA REKOMENDASI