Selangkah Menuju Romanza Purworejo, Apa Itu?

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kendatipun program Romansa atau tahun kunjungan wisata Kabupaten Purworejo tahun 2020 tinggal selangkah, namun peta wisata Purworejo belum terlihat jelas. Bahkan masih banyak warga masyarakat luar daerah yang belum mengenal berbagai objek wisata (Obwis) di Purworejo. 

“Promosi wisata harus terus digencarkan, langkah awal kami akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) agar bisa ikut mengenalkan objek-objek wisata Purworejo,” kata Kasubid Pengembangan Dunia Usaha Bappeda Purworejo Mutohar SE, Sabtu (23/11/2019). 

Untuk pengembangan pariwisata ini, Bappeda menggelar Workshop Penyusunan Paket Wisata yang menghadirkan 37 kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Purworejo di aula utama Kantor Bappeda. Sebagai rintisan kata Mutohar, harus ada kerjasama dengan Dindikpora untuk memberikan pendidikan terkait wisata terhadap pelajar. Sekaligus menekankan bahwa berwisata tidak harus keluar dari Purworejo. “Paling tidak sebelum ke luar Purworejo diawali dengan mengunjungi obwis yang ada di Purworejo,” jelas Mutohar. 

Diakui, Romansa Purworejo sudah di depan mata, namun masih banyak yang harus ditata terkait pelaku dan obwis yang akan ditawarkan. Untuk menghadapi ini menurut Dian Wibowo selaku pelaku wisata yang dihadirkan sebagai nara sumber, Purworejo harus segera membentk paket wisata. “Target utama kita harus membentuk paket wisata. Apalagi selama ini wisata Purworejo belum terlihat dalam peta,” katanya. 

Dalam membuat paket wisata, gambar yang ditawarkan harus sesuai dengan kenyataan. “Jangan sampai wisatawan datang, ternyata kondisi lapangan tidak sesuai dengan gambar yang diawarkan dalam paket. Ini akan mengecewakan,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI