Selter Kuliner Kutoarjo Libatkan Warga Wirotaman

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Keberadaan selter kuliner baru yang merupakan tempat penampungan para pedagang kaki lima (PKL) di seputar Alun-alun Kutoarjo Kabupaten Purworejo di wilayah Wirotaman akhirnya melibatkan warga setempat. Mereka menginginkan adanya kerjasama dengan warga dalam menjaga kenyamanan lingkungan.

“Mereka kami fasilitasi, dan beberapa orang dilibatkan dalam pengelolaan lingkungan selter ini,” kata Camat Kutoarjo Sumarjana SSos, Sabtu (07/03/2020).

Sebelumnya Pemkab Purworejo dalam hal ini Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan memindahkan para PKL di seputar alun-alun Kutoarjo ke selter kuliner yang dibangunkan di wilayah Wirotaman. Dengan alasan keamanan dan kenyamanan pedagang maupun pengunjung.

Di lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat semula ini kondisinya lebih nyaman dan aman. Namun dari para PKL itu mayoritas bukan orang Witaman. Tapi pedagang dari luar Wirotaman. “Bahkan ada yang dari Purworejo,” jelas Sumarjana.

Menanggapi keinginan warga Wirotaman untuk terlibat langsung dalam kegiatan ini, pihak kecamatan beserta dinas instansi terkait memfasilitasi pertemuan sehingga keinginannya terakomodir. “Mereka (warga Wirotaman) kita libatkan, baik itu untuk penataan parkir maupun lainnya, teknisnya nanti masih akan dirumuskan antar dinas terkait,” tambahnya.

Sementara itu menurut Plt Kepala Dinas Perhubungan Purworejo Bambang Gatot Seno Aji SE MM, warga dapat dilibatkan dalam penataan parkir, keamanan, dan kebersihan, termasuk pengelolaan MCK. (Nar)

 

BERITA TERKAIT