Semangat Purworejo Kota Pejuang Dalam Lomba Paduan Suara SMA 1

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Babak penyisihan lomba paduan suara SMA Negeri 1 Purworejo selesai digelar. Juri seniman profesional luar daerah menetapkan sepuluh finalis, yakni lima kategori SMP/MTs dan lima SMA/SMK. Mereka akan menyanyi dalam babak final yang akan diselenggarakan pada penghujung Agustus 2019.

 

Ketua panitia lomba Dian Ramadhan Yuwono mengatakan, lomba tingkat pelajar itu diselenggarakan Paguyuban Alumni Muda Ganesha (MG) dan Ganesha Voice SMAN 1 Purworejo. Lomba diikuti 16 grup. "Sembilan kategori SMA/SMK dan tujuh SMP/MTs. Babak penyisihan dilaksanakan Minggu (25/8) lalu," ucapnya kepada KRJOGJA.com, Rabu (28/8).

Setiap grup menyanyikan lagu wajib Purworejo Kota Pejuang karya musisi yang juga alumni SMA Negeri 1 Purworejo, Yosafat Angling Setyo dan satu lagu pilihan. Panitia menyediakan pilihan enam lagu bertema perjuangan untuk pilihan grup paduan suara.

Grup paduan suara yang lolos sebagai finalis kategori SMP adalah SMPN 1 Purworejo, SMPN 2 Purworejo, SMPN 19 Purworejo, SMPN 22 Purworejo dan SMPN 36 Purworejo. Sementara kategori SMA terdiri atas SMAN 2 Purworejo, SMAN 6 Purworejo, SMAN 7 Purworejo, SNAMN 9 Purworejo dan SMK Penabur. Seluruh finalis masing-masing mendapat uang pembinaan Rp 500 ribu dan mereka akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah pada babak final.

Ketua Umum MG Dwi Wahyu Atmaji menambahkan, lomba bertujuan untuk mewariskan semangat perjuangan kebangsaan kepada generasi muda. Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) itu juga mengingatkan pemuda Purworejo harus bangga dengan daerahnya.

Menurutnya, perempuan Purworejo melahirkan banyak pejuang antara lain WR Supratman, Kasman Singodimejo, Oerip Sumoharjo dan Achmad Yani. "Maka intisari jiwa pejuang seperti berani karena benar, pantang menyerah, berjiwa sosial dan cinta tanah air harus lebih mudah terwujud di kalangan generasi muda, khususnya Purworejo," tegasnya.

Lomba, kata Atmaji, sekaligus menjadi sarana mempromosikan lagu Purworejo Kota Pejuang. Selain melombakan, MG juga mendistribusikan rekaman paduan suara Ganesha Voice menyanyikan lagu tersebut. "Ke depan, branding Purworejo Kota Pejuang akan terus digelorakan, termasuk lewat lagu itu. Maka kami pastikan lagu itu adalah milik bersama, bukan hanya MG, SMAN 1 atau pelajar," tandasnya. (Jas)

 

 

BERITA REKOMENDASI