Semarak! Festival Tumpeng dan Oyek Milenial Kebumen

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Festival Tumpeng dan Oyek Milenial 2019 Kebumen, di Alun-alun Kebumen, Minggu (25/08/2019), berlangsung semarak. Aneka kreasi tumpeng dan kuliner berbahan baku oyek hasil kreatifitas 53 peserta, tampil menawan. Juga, mampu menyedot antusiame ribuan pengunjung yang ingin menyaksikan even yang baru pertama kali digelar di Kebumen ini.

"Tujuan even ini memang ingin mengangkat oyek, dari sekedar terhidang sebagai kuliner tradisional nasi oyek menjadi aneka kudapan yang disukai secara luas oleh masyarakat. Termasuk, sebagai kudapan milenial atau kekinian," ungkap pengurus Dewan Pengurus Wilayah (DPW) ICC (Indonesia Cheff Culinary) Yogyakarta, Nani Sugiarti.

Nani beserta 3 aktifis pengurus ICC dari Yogyakarta, Kebumen dan Wonosobo menjadi juri dalam festival yang diselenggarakan ICC bersama dengan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen dan diikuti 53 peserta dari instansi pemerintah, swasta dan organisasi kemasyarakatan di Kebumen.

Menurut Nani dan juri-juri lainnya, sempitnya waktu persiapan Panitia ternyata tak menghalangi para peserta untuk berkreatifitas menampilkan citra oyek sebagai bahan pangan yang multikreasi. Selain mampu berperan sebagai pengganti beras dalam pembuatan tumpeng yang lezat dan menarik, juga bisa dibikin aneka kudapan bernuansa kekinian.

Dalam festival tersebut, sebagian tumpeng berbahan oyek ditampilkan dengan warna merah, ungu, oranye dan hijau dengan pembubuhan pewarna alami dari buah naga, kunyit, daun kelor dan pandan suji serta didampingi aneka lauk dan sayur. 

Adapun kudapan kekinian berbahan oyek yang tampil diantaranya bola-bola oyek bertoping coklat, keju dan strawberi, wajik oyek, brownis oyek, puding oyek, oyek pisang fla, bolu oyek. Juga, klepon, lupis, lemper oyek dan lainnya.

"Dari sisi kreatifitas pengolahan menu makanan, sudah cukup bagus. Kelemahannya hanya pada pembuatan minuman tradisional pendamping makanan, banyak peserta yang belum tepat," ujar Nani seusai penilaian.(Dwi) 

BERITA REKOMENDASI