Sembir Bangkitkan Semangat Kampung Budaya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Dari sebuah peradaban budaya, Kampung Sembir di Desa Bugel Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo pernah menjadi pelataran budaya di bumi Bagelen. Berbagai kesenian tradisional hidup berdampingan dengan warna khas budaya Bagelen.

“Hingga dekade sekitar tahun 1960-an, kehidupan itu masih sangat terasa. Bahkan sempat ada tobong khusus untuk panggung musik keroncong kala itu,” kata Ketua Kampung Budaya Sembir Desa Bugel Sumarno, Minggu (25/10/2020) sore di sebuah padepokan kecil Dukuh Sembir.

Kampung Budaya lahir atas inisiatif para tokoh muda dan para sepuh peduli budaya di desa itu yang kini mulai membangkitkan kembali warga masyarakat, untuk bersama-sama membidani lahirnya kembali Sembir sebagai Kampung Budaya. Berbagai kesenian tradisional dihidupkan kembali dengan menggalang anak-anak dan para remaja untuk bersama-sama terlibat dalam khasanah budaya. “Kita ingin membangkitkan kembali kearifan lokal yang pernah ada di kampung ini,” tambah Putut Budi Santosa selaku inisiator Kampung Budaya.

BERITA REKOMENDASI