Sempat Diragukan, Dana Desa Ternyata Efektif Turunkan Angka Kemiskinan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Anggaran pemerintah pusat yang dikucurkan ke setiap desa dalam bentuk dana desa (DD) dinilai cukup efektif untuk menurunkan angka kemiskinan. Bahkan warga miskin di setiap desa sangat berharap untuk bisa mendapatkan penghasilan dari anggaran ini, sehingga setiap desa diharap segera mencairkan dan melaksanakan kegiatan dengan sistem padat karya tunai.

“Memang anggaran DD ini selain untuk meningkatkan pembangunan di tingkat desa, sekaligus untuk menurunkan angka kemiskinan. Sebab setiap warga miskin di desa bisa mendapatkan pekerjaan dari kegiatan padat karya yang dibayarkan tunai, baik harian maupun mingguan,” kata Dirjen Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan RI Dr Boediarso Teguh Widodo pada Diseminasi DD di pendapa rumah dinas bupati Purworejo, Minggu (6/5/2018).

Pada Diseminasi dengan tema padat karya tunai untuk masyarakat desa ini dihadiri para kepala desa dan camat se Kabupaten Purworejo, termasuk dinas instansi terkait.

Kegiatan ini juga dihadiri Kasubdit Dana Desa Otonomi Khusus dan Dana Keistimewaan DIY, DJPK Kemenkeu Kresnadi Prabowo Mukti SE MM, Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri Suyadi SAP MAP, dan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa PDTT Winarno SAP.

Menurut Boediarso Teguh Widodo, 30 persen DD yang dikucurkan ke desa diantaranya untuk kegiatan padat karya tunai. Masyarakat yang diakomodir dalam padat karya tunai ini diantaranya penduduk miskin. “Kreterianya penduduk yang penghasilannya tidak lebih dari Rp 370.000 per bulan,” tandasnya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI