Sempat Diragukan, Dana Desa Ternyata Mampu Tekan Laju Urbanisasi

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Dana desa (DD) yang bersumber dari APBN dan dikucurkan langsung ke setiap desa ternyata mampu membendung laju urbanisasi masyarakat desa. Terutama para generasi muda desa. DD yang jumlahnya cukup besar ini ternyata mampu membangkitakan perekonomian desa sehingga kehidupan di desa semakin menjanjikan.

“Dulu memprihatinkan sekali, setiap saya berkunjung ke desa, sangat jarang menemui pemuda desa yang potensial,” kata Anggota Komisi X DPR RI Ir H Bambang Sutrisno saat berkunjung di Kabupaten Purworjeo, Sabtu (29/9/2018).

Bambang Sutrisno yang saat pembahasan UU Desa berada di komisi V mengaku ikut membidani lahirnya UU itu. Hasilnya meskipun sekarang berada di komisi X masih sangat terasa. Apalagi di komisi sekarang juga membidangi pembangunan desa seperti pariwisata, seni budaya, olahraga dan lainnya, termasuk UMKM dan pendidikan. “Berbagai bidang yang saya tangani sekarang ini banyak bersentuhan dengan ekonomi kerakyatan (desa),” jelasnya.

Dikatakan, saat sekarang setiap berkunjung ke desa, banyak ditemui generai muda yang tetap bertahan di desa. Mungkin karena mereka memiliki harapan dan masa depan dengan perkembangan perekonomian di desa. Seperti menjadi pelaku wisata, membangun UMKM, dan lainnya sehingga mampu hidup layak dengan tetap tinggal di desa. “Bahkan masyarakat yang tinggal di wilayah kelurahan, merasa ada kesenjangan,” tambahnya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI