Sempat Lesu, Usaha Genteng Sokka Mulai Menggeliat Lagi

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Usaha pembuatan genteng di Kebumen atau dikenal dengan nama genteng Sokka, merupakan salah satu jenis usaha yang terdampak Covid-19. Kondisi itu ditandai dengan menurunnya produktifitas pabrik-pabrik genteng di daerah ini sejak Maret 2020, akibat sepinya penjualan genteng.

“Namun sepekan terakhir ini produksinya sudah mulai menggeliat kembali, seiring mulai datangnya pesanan genteng dari Kebumen maupun luar Kebumen,”ujar pemilik usaha pembuatan genteng di Desa/Kecamatan Pejagoan Kebumen, Solamin, di pabriknya, Jum’at (03/07/2020).

Menurut Solamin, berdasarkan penjelasan para pemesan itu kepadanya, beberapa waktu lalu banyak warga masyarakat yang menunda pembelian genteng untuk kebutuhan pembangunan gedung baru maupun rehab gedung. Penundaan itu akibat berlangsungnya pandemi Corona yang lalu berimbas pada lesunya produksi genteng Sokka di Kebumen.

” Kemungkinan saat ini kondisi perekonomian masyarakat sudah mulai berangsur pulih, sehingga pembangunan maupun rehab gedung mulai merebak lagi. Kami gembira karena mulai terimbas munculnya gairah
membangun gedung lagi,” ujar Solamin.

Bagi pabrik-pabrik genteng yang vakum berproduksi selama Maret hingga Juni 2020 lalu, mulai mengalirnya pemesanan genteng dari konsumen itu mendorong para pemiliknya untuk mengaktifkan kembali produksi
gentengnya.

BERITA REKOMENDASI