Sempat Pulang ke Rumah, 102 Warga Kembali ke Tempat Evakuasi

MAGELANG, KRJOGJA.com – Baru beberapa hari kembali ke rumah masing-masing, sebagian warga Dusun Babadan 2 Desa Paten Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, khususnya dari kelompok rentan, kembali menempati Tempat Evakuasi Akhir (TEA) Desa Mertoyudan Magelang, Kamis (7/1/2021). Hujan sempat mewarnai kedatangan warga dari Dusun Babadan 2 di TEA Mertoyudan. Mereka juga secara bergantian mengikuti pemeriksaan suhu tubuhnya yang dilaksanakan petugas dengan menggunakan thermo gun, untuk kemudian mengikuti pemeriksaan rapid test.

Kepala Desa Paten Sutarno kepada wartawan di TEA Desa Deyangan diantaranya mengatakan warga dari Dusun Babadan 2 ini baru beberapa hari lalu pulang ke rumah masing-masing, setelah sebelumnya mereka menempati TEA Desa Mertoyudan Magelang sejak ada informasi kenaikan status aktivitas Gunung Merapi di awal Bulan November 2020 lalu.

Dibenarkan Kades Paten, bahwa masyarakat sering mendengarkan suara gemuruh dari Gunung Merapi, baik siang maupun malam hari. Masyarakat juga diminta untuk kembali ke lokasi pengungsian, diantaranya karena ada peningkatan aktivitas di Gunung Merapi yang signifikan. Keberangkatan warga dari wilayah yang berjarak sekitar 5 Km dari puncak Gunung Merapi ini dengan naik puluhan kendaraan, termasuk mobil ambulans, mobil pribadi, 2 kendaraan truk dinas Kodim 0705/Magelang maupun lainnya. Keberangkatan mereka juga didampingi relawan dari beberapa komunitas, anggota TNI, Polri maupun lainnya.

BERITA REKOMENDASI