Seniman Mural Asing Unjuk Kreativitas di Bagelen

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRJOGJA.com) – Sejumlah seniman mural unjuk kreasi di Desa Krendetan dan Bagelen Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Sabtu (28/4). Selain dari Yogyakarta, beberapa diantaranya adalah seniman asal luar negeri. Mereka melukis tembok bangunan di dua desa itu.

Kedatangan mereka merupakan inisiasi sanggar seni Aswahita Krendetan bekerjasama dengan VIAVIA Jogjakarta. "Kerjasama kami sudah lama, VIAVIA Jogja sering membawa tamu asing ke Krendetan," ujar Ketua Aswahita Wury, kepada KRJOGJA.com.

Sebelum melukis, rombongan seniman datang ke Krendetan dan Bagelen untuk observasi. Mereka melihat titik yang akan digambar dan konsep lukisan yang akan dibuat. Tema lukisan adalah berbagai potensi alam dan budaya di Bagelen.

Sementara Wury bertugas melobi pemilik rumah dan pemerintah setempat. "Konsep kami bisa diterima masyarakat dan mereka dengan sukarela mengizinkan temboknya dilukis," katanya.

Seniman mural asal Australia Carla mengatakan, lukisannya dibuat dengan tema budaya di tengah modernisasi. Masyarakat tidak bisa mencegah modernisasi dan dapat terpengaruh. "Saya melukis banyak wajah bertopeng, maksudnya adalah sosok-sosok ini harus memiliki penahan untuk menjaga budaya dan apapun yang mereka percaya tetap ada," tegasnya.

Selain Carla, datang pula Bert, filmaker Belgia. "Saya datang ke sini untuk membuat film dokumenter tentang aksi seniman mural," ucapnya.

Warga Bagelen Nardi mengaku senang tembok rumahnya dipilih untuk ajang seni mural. "Tidak masalah, malah senang rumah jadi objek seniman. Lukisan itu tidak akan saya hapus," tegasnya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI