Sensus Penduduk Modal Utama Pembangunan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sensus penduduk dinilai menjadi kunci utama kesuksesan pembangunan, mengingat membangun tanpa data adalah hal yang sia-sia.

“Data yang akurat sangat penting untuk menyusun perencanaan yang benar, melakukan evaluasi dan membuat keputusan yang tepat, serta mengeksekusi program yang tepat sasaran,” kata Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Jumat (7/2/2020).

Dalam rapat koordinasi sensus penduduk tahun 2020 (SP2020) di ruang Arahiwang kantor bupati setempat Yuli Hastuti menandaskan, bahwa data penduduk merupakan data dasar untuk mengambil kebijakan di berbagai bidang. Data kependudukan tidak hanya penting untuk melihat demografi tetapi juga bisa digunakan untuk menghitung kebutuhan pangan, kebutuhan sekolah atau guru, dan lainnya.

“Perencanaan dibidang apapun dibutuhkan data penduduk. Dengan data kependudukan yang akurat, perencanaan bisa tepat sasaran. Maka keberhasilan SP2020 menjadi tujuan yang sangat vital,” tandasnya.

Dalam memberikan dukungan terhadap SP2020 yang diselenggarakan setiap 10 tahun ini, Yuli Hastuti secara simbolis menandatangani plakat dukungan. Dukungan juga dilakukan. Sekda Purworejo Drs Said Romadon dan perwakilan OPD dengan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Purworejo R Bagus Rahmat Susanto.

BPS akan menyelenggarakan kembali sensus penduduk. SP2020. Tahun ini merupakan sensus penduduk yang ketujuh kali dan bertujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan Indonesia.

Sedamg Sensus Penduduk Online (SPO) akan dimulai pertengahan bulan ini hingga 31 Maret 2020. Sensus penduduk wawancara (SPW) dilaksanakan tanggal 1 hingga 31 Juli 2020.(Nar)

BERITA REKOMENDASI