Sentra Pande Besi Kalisemo Masih Bertahan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Para pengrajin alat pertanian tradisional atau sering disebut pande besi di Dusun Krandegan Desa Kalisemo Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo hingga kini masih mampu bertahan. Meskipun berbagai alat mesin pertanian (Alsintan) terus berdatangan, namun para petani di Purworeojo masih banyak yang memanfaatkan alat tradisional.

“Saya berharap pengrajin pande besi Dukuh Krandegan Kalisemo ini dapat terus bertahan, karena alat pertanian tradisional masih dibutuhkan dan memiliki keunikan tersendiri. Nanti Pemkab melalui dinas terkait akan membantu pemasarannya,” kata Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM di sela-sela anjangsana ke sejumlah desa di Kecamatan Loano, Rabu (17/06/2020).

Kerajinan pande besi ini menurut Agus Bastian, merupakan potensi tersendiri di Dukuh Krandegan. Terlebih industri kerakyatan ini sudah berjalan turun temurun dari nenek moyang mereka. Sekarang diteruskan oleh anak cucunya.

Agus Bastian melihat langsung proses pembuatan alat pertanian tradisional di sentra pande besi ini. Sejumlah pengrajin pande besi masih mampu bertahan memproduksi alat pertanian tradisional. (Nar)

BERITA REKOMENDASI