Sepekan, Penyerapan Tembakau Petani Melambat

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Lambatnya pembelian dan turunnya harga tembakau berkualitas di perwakilan pabrik rokok dalam satu pekan terakhir dituding petani sebagai dampak dari rencana kenaikan cukai rokok sebesar 23 persen oleh pemerintah.

Ketua Umum DPN APTI, Agus Parmuji mengatakan pengumuman dan gencarnya pemberitaan rencana kenaikan cukai 23 persen pada 2020 mendatang menggoyang perekonomian para petani tembakau di Indonesia.
 
" Rencana kenaikan cukai diumumkan saat panen raya tembakau. Dampak yang paling kami rasakan saat ini, penyerapan bahan baku tembakau dari pabrikan menjadi lamban sepekan terakhir," kata Agus Parmuji, jumat (20/9)

Dikatakan pabrikan membatasi pembelian bahan baku dan harganya pun turun, terutama tembakau hasil petani lokal. Di Temanggung misalnya Totol D menjadi Rp 90 ribu per kilogram dari yang semula Rp 100 ribu per kilogram dan totol E yang telah menyentuh Rp 165 ribu menjadi Rp 145 ribu per kilogram.

" Petani kesulitan menjual tembakau ke pabrik, padahal beberapa waktu lalu mudah dan harga termasuk tinggi. Saat ini sudah sulit masuk, harga juga justru turun," katanya.

Dia mengatakan kualitas tembakau tahun ini lebih baik dibanding tahun, harapan petani pabrikan bisa membeli dengan harga bagus dan dalam jumlah yang lebih banyak, atau sampai tembakau habis.  

Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq mengatakan jika terjadi kenaikan cukai rokok sebesar 23 persen akan berpengaruh pada nasib petani tembakau. Sebab, dalam dengan kenaikan cukai rokok pasti pabrik-pabrik rokok kretek akan menekan biaya komponen-komponen lain, salah satunya yang dikhawatirkan akan menekan biaya produksi termasuk biaya bahan baku.

" Bisa saja mereka menekan biaya bahan baku, seperti menekan harga tembakau, harga beli tembakau dari kalangan petani," katanya.

Dia khawatir harga jual dari petani tembakau di Temanggung akan menurun dibanding tahun-tahun sekarang ini, mungkin juga volume pembelian akan berkurang, tetapi kalaupun volume pembelian tidak berkurang bisa ada kemungkinan komponen bahan baku bisa ditekan biayanya.
 
Dia juga mengkhawatirkan harga beli tembakau di petani tembakau Temanggung akan menurun. Karena sesungguhnya kenaikan cukai rokok sangat dekat sekali dengan nasib petani tembakau. (Osy)

 

 

BERITA REKOMENDASI