Sering Disepelekan, Peran Linmas Sangat Dibutuhkan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) berperan sangat penting dalam menciptakan serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah masing-masing. Maka itu, sinergitas antara polri, TNI dan Satlinmas sangat diperlukan terutama pada tahun politik untuk menciptakan situasi kondusif.

"Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa harus bekerjasama dengan Satlinmas dalam menjaga wilayah keamanan dan ketertiban," kata Kapolres Magelang Kota AKPB Idam Mahdi MAP, ditemui usai rakor keamanan Pemilu 2019 di Kecamatan Bandongan, Rabu (30/1/2019).

Rakor dihadiri seluruh Kades dari 14 desa yang ada dan ratusan personel linmas yang ada di daerah tersebut. Pada Rakor tersebut Kapolres menyerahkan rompi untuk pengamanan Pemilu 2019 untuk wilayah Kecamatan Bandongan. Panwaslu Kecamatan Bandongan memberikan pemaparan tentang peran Linmas dalam Pemilu 2019.

Dia mengatakan tantangan Satlinmas semakin berat karena kini dituntut untuk tanggap terhadap ancaman yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan. Ancaman itu terutama tersebar melalui medsos dan menyasar siapa saja, sehingga bisa jadi menyasar lingkungan tempat tinggal. 

Dia menegaskan pada Kepala desa dan Linmas untuk dapat memberikan pencerahan kepada warganya untuk menciptakan pemilu yang aman,damai dan sejuk. Maka itu meski punya hak pilih, Linmas harus netral. " Netralitas Linmas sebagai salah satu syarat mutlak terciptanya kondusifitas di desa, mulai menjelang, terlaksananya dan pasca pencoblosan," katanya. 

Sekretaris Kecamatan Bandongan Rochmat Zani mengatakan bahwa setiap desa mempunyai anggaran untuk linmas, terutama untuk pengadaan seragam. Anggaran itu termasuk didalamnya untuk patroli meski jumlahnya sangat terbatas, dan belum memenuhi.

Terkait pengamanan pada Pemilu 2019, katanya, menjadi tugas Linmas dan masyarakat secara keseluruhan. Tetapi personel Linmas harus mampu menjadi pemimpin di lingkungannya. " Linmas terlibat dalam pengamanan pemilu saat pencoblosan di TPS," katanya, 

Ketua Panwaslu Kecamatan Bandongan Gunawan Aris Sukmanto mengatakan Linmas harus menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggalnya, tidak hanya pada masa kampanye dan pencoblosan tetapi juga jauh sebelumnya. " Dengan keamanan yang mantap pemilu pasti akan berhasil," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI